• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • RSS

Cegah Traffic DNS Mengintai Privacy Anda Dengan DNSCrypt

Diposting oleh BlogBizTutor.com at 27.5.13

Cegah Traffic DNS Mengintai Privacy Anda Dengan DNSCrypt
Ketika Anda terhubung pada sebuah situs web, komputer Anda terlebih dulu menyelesaikan (resolve) alamat IP-nya menggunakan query DNS. Setelah alamat IP diselesaikan, browser akan menghubungkannya dan website akan terbuka di browser Anda. Untuk mencegah serangan "oknum yang tidak berkepentingan" atau ISP mengintai Anda, biasanya kita menggunakan protokol HTTPS untuk mengenkripsi data yang didownload atau diupload ke sebuah website. Tapi bagaimana dengan query DNS? ISP Anda masih akan tahu situs web yang Anda coba buka. Karena hal inilah kegunaan software DNSCrypt diciptakan. Aplikasi ini dapat mengenkripsi lalu lintas DNS Anda seperti HTTPS mengenkripsi lalu lintas situs Web Anda, sehingga tidak seorang pun akan dapat melihat nama-nama situs yang Anda coba kunjungi.

DNSCrypt dirancang oleh OpenDNS, penyedia terkemuka dari DNS server publik yang aman. Software ini benar-benar bekerja dengan hanya menggunakan OpenDNS server. Cara kerjanya hanya dengan menerapkan enkripsi query DNS. Anda dapat men-download DNSCrypt dari situs OpenDNS. Ukuran filenya cuma kurang dari 1 megabyte. Setelah instalasi selesai, akan muncul ikon pada area notifikasi Windows. Ikon merah berarti Anda tidak menggunakan server OpenDNS, ikon kuning berarti Anda tidak menggunakan DNSCrypt untuk mengenkripsi lalu lintas DNS dan ikon hijau menunjukkan Anda menggunakan kedua OpenDNS dan DNSCrypt.

DNSCrypt notification area icon

Anda dapat mengklik kanan pada ikon ini area notifikasi dan pilih Open Control Center untuk membuka pengaturan DNSCrypt dan jendela status. Jendela tersebut akan menunjukkan status DNSCrypt dan memberi Anda pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan OpenDNS dan DNSCrypt dengan cepat. Jika firewall Anda menangani lalu lintas DNS maka Anda dapat memilih untuk menggunakan DNSCrypt over port TCP 443. Ada juga pilihan untuk mengatur kembali ke DNS semula jika DNSCrypt tidak menyelesaikan (resolve) alamat situs.

DNSCrypt Screenshot

DNSCrypt merupakan sebuah program yang sangat kecil yang dapat mengenkripsi lalu lintas DNS Anda dan menjaga dari yang penghadangan oleh ISP, instansi pemerintah atau hacker. Hal ini dapat meningkatkan keamanan online Anda dan meningkatkan privasi Anda. Software ini tersedia untuk PC Mac dan Windows. Jadi jika Anda menghargai privasi online Anda dan tidak ingin orang untuk menguping permintaan DNS Anda, maka Anda dapat menginstal dan menggunakan DNSCrypt pada komputer Anda.




Apa yang Anda pikirkan?!



Jika anda suka dengan posting ini dan berharap mendapatkan informasi lain ketika saya membuat posting baru, maka pastikan Anda sudah berlangganan gratis update dari saya via email. Berlangganan Sekarang!

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 

© 2012. All Rights Reserved | BlogBizTutor | Template by: Blogger Widgets | Sponsored by: Blogger

Home |