• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • RSS

Planet Biru, Situs Jejaring Sosial Asli Indonesia yang mulai ngtrend

Diposting oleh CyberZone at 30.7.11


Planet Biru adalah jejaring sosial Indonesia yang hadir sejak tanggal 14 Oktober 2008. Planet Biru dibuat oleh Kamsory atau biasa dipanggil Mas Roy, seorang mahasiswa Teknik Elektro Universitas Andalas - Padang.
Planet Biru, Situs Jejaring Sosial Asli Indonesia yang mulai ngtrend

Fitur Planet Biru

Fitur Planet Biru antara lain adalah sebagai berikut:

1. Daftar Pengunjung Papan
Daftar pengunjung papan adalah daftar pengguna yang pernah mengunjungi papan seorang anggota. Apabila ada anggota baru yang mengunjungi papan anggota, Planet Biru akan mencatatnya dan memberitahu anggota yang bersangkutan.

2. Informasi Profil Pengguna
Planet Biru memungkinkan pengguna untuk memajang profil pribadinya sehingga dapat dibaca oleh pengguna lain. Pengguna yang boleh membaca informasi tersebut dapat dibatasi sesuai dengan keinginan.

3. Berbagi Informasi dan Uneg-Uneg
Planet Biru memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan uneg-uneg kepada pengguna lain. Informasi tersebut dapat dihapus oleh yang menulis maupun yang menerima.

4. Komentari Informasi dan Uneg-Uneg
Planet Biru memungkinkan pengguna untuk mengomentari informasi dan uneg-uneg yang dibuat oleh pengguna lain. Informasi tersebut dapat dihapus oleh yang menulis maupun yang menerima.

5. Pesan Pribadi
Planet Biru memungkinkan pengguna mengirimkan pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna dapat mengirimkan Al Quran dengan 3 bahasa dan teks bahasa Arab yang tidak terdapat dalam Al Quran, misalnya hadist. Pengirim dapat mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima atau belum. Dengan demikian, pesan yang dikirimkan akan lebih interaktif.

6. Obrolan atau Chat
Obrolan adalah layanan pesan instan (instant messaging) atau IM. Planet Biru menyediakan layanan obrolan antar sesama anggota yang telah menjalin hubungan pertemanan. Obrolan dapat dilakukan ketika kedua anggota sama-sama sedang online. Pesan yang telah masuk dan tidak terbaca hingga lawan bicaranya keluar sesi (logout) akan disimpan sebagai pesan offline dan tetap dapat dibaca oleh penerima. Obrolan dapat disimpan sebagai file HTML yang dapat dibaca kembali secara offline. Planet Biru memungkinkan anggota untuk mengobrol dengan lebih dari satu anggota sekaligus. Anggota tetap dapat membaca semua pesan yang masuk secara bersamaan tanpa harus menutup obrolan yang lain.

7. Buletin
Planet Biru memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi yang cukup panjang kepada semua teman sekaligus melalui buletin. Penulis buletin mengetahui berapa kali buletinnya dibaca dan siapa saja yang membacanya. Teman penulis dapat menghapus buletin tersebut dari daftar akan tetapi buletin tersebut tetap dapat dibaca oleh teman lain yang tidak menghapusnya. Teman penulis dapat mengembalikan buletin yang dihapus sebelum dihapus secara permanen baik oleh yang bersangkutan maupun oleh penulis buletin. Apabila penulis buletin menghapus buletin tersebut baik sementara maupun permanen, maka teman penulis tiidak dapat membaca lagi buletin tersebut.

8. Blog
Anggota dapat membuat sebuah weblog pribadi yang isinya dapat dilihat oleh semua orang dan tidak terbatas pada anggota Planet Biru saja. Blog Planet Biru menggunakan program Pemayung Web 3.2.

9. Aplikasi
- Al Quran Digital
Al Quran Digital adalah aplikasi Al Quran yang menampilkan ayat-ayat Al Quran dalam 3 bahasa yaitu bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Bahasa asli adalah bahasa Arab sedangkan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris adalah bahasa terjemahan. Aplikasi ini dilengkapi dengan alat pencarian berdasarkan terjemahannya.
- Jadwal Waktu Sholat
Jadwal Waktu Sholat adalah aplikasi jadwal waktu sholat berdasarkan lokasi. Aplikasi ini menggunakan acuan garis lintang, garis bujur, dan ketinggian. Aplikasi ini dilengkapi dengan database koordinat (garis lintang dan garis bujur) dari ratusan kota di Indonesia dan ribuan kota di dunia.
- Penunjuk Arah Kiblat
Penunjuk Arah Kiblat adalah aplikasi untuk menentukan arah kiblat berdasarkan lokasi. Aplikasi ini menggunakan acuan garis lintang dan garis bujur. Aplikasi ini dilengkapi dengan database koordinat (garis lintang dan garis bujur) dari ratusan kota di Indonesia dan ribuan kota di dunia.
- Konversi Hijriyah - Masehi
Konversi Hijriyah - Masehi adalah alikasi untuk mengubah penanggalan Hijriyah ke Masehi dan Masehi ke Hijriyah berdasarkan hisab (perhitungan). Hasil ini mungkin akan berbeda dengan hasil ru'yat tergantung kepada lokasinya.
- Kurs Mata Uang Asing
Kurs Mata Uang Asing adalah aplikasi konversi suatu mata uang terhadap mata uang lain secara timbal balik (dua arah).
10. Smart Room
Smart Room adalah sebuah subsistem dari Planet Biru yang dirancang untuk menunjang e-learning yaitu pembelajaran dengan menggunakan media elektronik. Smart Room adalah sebuah bukti komitmen Planet Biru yang mengedepankan unsur edukasi dalam setiap layanan tanpa meninggalkan fungsi utama dari Planet Biru sebagaisebuah jejaring sosial. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.

11. Sistem Keamanan
Planet Biru menerapkan beberapa sistem untuk keamanan akun pengguna yaitu sebagai berikut:
- Password dienkripsi secara bertingkat
Password yang tidak dienkripsi dapat dilihat oleh administrator atau developer sistem sedangkan password yang dienkripsi hanya diketahui oleh anggota yang bersangkutan saja. Selain anggota, tidak ada satu orang pun yang mengetahui password tersebut. Password yang dienkripsi secara bertingkat lebih aman daripada password yang hanya dienkripsi satu kali saja.
- Form tidak mempunyai fungsi autocomplete
Meskipun password dienkripsi, jika form login mempunyai fungsi autocomplete, maka password dapat diketahui oleh orang lain jika pengguna secara sengaja atau tidak menyimpan email dan password pada form login. Email dan password tersebut akan tersimpan dan dapat digunakan oleh orang lain yang menggunakan komputer tersebut untuk login ke akun yang bersangkutan.
- Hanya bisa login di satu perangkat
Aturan login hanya di satu perangkat mengandung pengertian bahwa ketika pengguna login dengan menggunakan perangkat lain, maka sistem secara otomatis akan memaksa perangkat lama untuk logout atau menolak akses ke dalam akun tersebut meskipun server masih menyimpan email dan password pada sesi untuk perangkat yang lama. Dengan adanya aturan login hanya pada satu perangkat, seorang pengguna yang lupa logout dari sebuah perangkat yang dapat diakses oleh orang lain dapat memaksa perangkat tersebut untuk logout melalui perangkat lain. Sebagai contoh, seorang pengguna login menggunakan komputer kantor. Pengguna kemudian meninggalkan komputer tersebut sebelum logout. Pengguna dapat logout dari komputer tersebut dengan menggunakan komputer lain atau dengan menggunakan handphone. Hal serupa juga berlaku pada saat handphone pengguna hilang sebelum logout. Pengguna dapat memaksa handphone yang hilang untuk logout dengan cara login dari komputer atau handphone lain.
- Sistem meminta password lama ketika pengguna ingin mengganti alamat email atau password
Ketika pengguna ingin mengganti alamat email atau password, sistem meminta pengguna untuk memasukkan password lama. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah orang lain yang mengubah alamat email dan password akun tersebut.
- Sistem dilengkapi dengan virtual keyboard
Virtual keyboard adalah program untuk mengetik yang mempunyai fungsi dasar sama dengan keyboard. Pada aplikasi berbasis web, virtual keyboard hanya mempunyai fungsi untuk memasukkan karakter ke dalam form ketika pengguna akan login. Virtual keyboard berguna untuk mencegah program key logger atau pencatat ketukan keyboard yang berjalan pada komputer tersebut tanpa disadari oleh pengguna. Meskipun program virtual keyboard ada pada sistem operasi dan dapat digunakan pada program berbasis web, akan tetapi, jika program virtual keyboard ada pada halaman web dan muncul pada saat pengguna akan login ke dalam sistem, secara otomatis akan mengingatkan pengguna bahwa dia akan lebih aman jika mengetikkan alamat email dan password dengan menggunakan virtual keyboard.
 Mobile Planet Biru

Planet Biru meluncurkan versi mobile sehingga Planet Biru dapat dibuka dari berbagai jenis dan merek handphone yang dilengkapi dengan fitur WAP. Ukuran file sangat kecil dan paling kecil di antara jejaring sosial yang ada. Dengan demikian, Planet Biru lebih cepat dibuka dan lebih hemat pulsa.

Apa saja yang bisa dilakukan dari Planet Biru Mobile?

1.  Daftar Pengunjung Papan
Daftar pengunjung papan adalah daftar pengguna yang pernah mengunjungi papan seorang anggota. Apabila ada anggota baru yang mengunjungi papan anggota, Planet Biru akan mencatatnya dan memberitahu anggota yang bersangkutan.

2.  Memperbarui Status
Memperbarui status dapat dilakukan dari Planet Biru Mobile. Selain itu, di Planet Biru Mobile juga bisa menulis di papan teman.

3.  Mengomentari Status
Mengomentari status maupun tulisan teman di papan dapat dilakukan dari Planet Biru Mobile.

4.  Menghapus Status
Menghapus status dapat dilakukan dari Planet Biru Mobile. Selain itu, di Planet Biru Mobile juga bisa menghapus tulisan di papan baik yang dilakukan oleh anggota pada papan teman maupun yang dilakukan oleh teman pada papan anggota.

5.  Menghapus Komentar
Menghapus komentar dapat dilakukan dari Planet Biru Mobile.

6.  Mengirim Pesan
Anggota dapat mengirim pesan kepada anggota lain dari Planet Biru Mobile.

7.  Membaca Pesan
Anggota dapat membaca pesan yang dikirim oleh anggota lain dari Planet Biru Mobile.

8.  Mengobrol (Chating)
Anggota dapat mengobrol dengan teman yang sedang online dari Planet Biru Mobile. Jika teman yang diajak mengobrol log out atau keluar,maka pesan akan tetap masuk sebagai pesan offline yang dapat dibaca kapan pun ketika yang bersangkutan log in atau masuk kembali baik di versi mobile maupun klasik (PC).

9.  Menambah Teman
Menambah teman dapat dilakukan di Planet Biru Mobile dengan cara mengajak anggota lain untuk berteman.

10. Menerima Ajakan Berteman
Menerima ajakan berteman dapat dilakukan di Planet Biru Mobile.

Browser

Tampilan Planet Biru telah disesuaikan dengan browser sebagai berikut:
  1. Mozilla Firefox 3.6 atau yang lebih baru (disarankan)
  2. Flock 2.6.1 atau yang lebih baru
  3. Google Chrome 6.0.472 atau yang lebih baru
  4. Safari 4.0.3 atau yang lebih baru
  5. Opera 10.10 atau yang lebih baru
  6. Netscape Navigator 9.0.0.6 atau yang lebih baru
Jika ingin bergabung di Planet Biru, silahkan klik widget di bawah ini dan jadikan saya sebagai teman Anda.

Planet Biru, Situs Jejaring Sosial Asli Indonesia yang mulai ngtrend

Apa yang Anda pikirkan?!



Jika anda suka dengan posting ini dan berharap mendapatkan informasi lain ketika saya membuat posting baru, maka pastikan Anda sudah berlangganan gratis update dari saya via email. Berlangganan Sekarang!

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 

© 2012. All Rights Reserved | BlogBizTutor | Template by: Blogger Widgets | Sponsored by: Blogger

Home |