• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • RSS
Free Search Engine Submission TotoJitu || Situs Togel Paling Fair

15 Trik memaksimalkan kinerja Windows XP

Diposting oleh Ardi Firgi at 13.3.11

Windows XP Logo
Berikut tips dan trik untuk lebih memaksimalkan kinerja Windows XP :
1.  Sembunyikan ikon "Recycle Bin" dari desktop
Jika anda tidak suka tampilan desktop terlalu banyak ikon, Anda bisa menyembunyikan "Recycle Bin" dengan sedikit merubah Registry. Anda masih bisa menggunakan shorcut [Shift] + [Delete] untuk membuka Tempat Sampah tadi jika diperlukan.
Pilih "Start | Run" lalu ketik Regedit pada "Open Bar". Klik "OK". Sekarang cari lokasi registry berikut :
"HKEY_ LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current Version\Explorer\HideDesktop Icons\NewStartPanel\"
Buat sebuah DWORD value baru dan berikan nama berikut :
"
Dobel klik value tersebut dan ubah value menjadi "1". Keluar dari Registry Editor, lalu klik kanan pada ruang kosong di mana saja pada desktop dan pilih "Refresh". Ikon Recycle Bin akan hilang dari desktop secara ajaib. Anda bisa mengembalikannya lagi kapan saja dengan merubah value DWORD yang sudah dibuat tadi ke "0".

2.  Modifikasi Toolbar Anda sendiri
Toolbar
Anda bisa menambahkan sebuah folder baru sebagai Toolbar untuk akse yang mudah dan cepat terhadap isinya. Klik kanan Taskbar, pilih "Toolbars | New Toolbar" dari menu. Ini akan membuka dialog "New Toolbar".
Pilih item yang ingin Anda gunakan sebagai Toolbar. Jika diperlukan, buka "My Documents" atau "My Computer" untuk mencari folder yang Anda inginkan. Alternatif lain, klik "Make new folder" untuk membuat folder lain lagi. Klik "OK". Toolbar baru Anda akan tampak seperti sebuah tombol di dalam Taskbar.

3.  Gunakan Group Policy Editor
Windows XP Professional Edition terdapat Group Policy Editor, yang merupakan tool yang kuat dalam memberikan akses kepada User untuk memodifikasi ijin dan akses masing-masing account yang ada. Tool ini tidak tersedia pada Home Edition.
Untuk menjalankannya, pilih "Start | Run" dan ketik "gpedit.msc" pada "Open Bar". Klik "OK". Buka "User Configuration" di panel sebelah kiri. Anda akan melihat subfolder "Software setting", "Windows setting" dan "Administrative template".
Dengan membukanya, anda dapat mencari sebuah range option untuk diubah. Buka "Administrative template", lalu pilih "Control Panel". Di sini Anda dapat merubah apa yang tampak pada Control Panel User.
Salah satu setting yang sangat penting adalah larangan terhadap sebuah akses, jadi Anda dapat menghentikan User lain untuk merubah setting. Dobel klik "Prohibit access to the control panel" pada panel sebelah kanan. Ini akan membuka sebuah dialog. Pilih "Enabled" lalu klik "OK". Pilih tab "Explain" untuk setting lebih lanjut.
Masing-masing setting yang terdaftar di sini memiliki tiga pilihan konfigurasi. "Not configured" berarti Anda tidak akan melakukan perubahan pada setup yang sedang dijalankan. "Enabled" akan melakukan perubahan, dan "Disabled" akan mematikannya lagi. Hal ini merupakan sesuatu yang bernilai terhadap berbagai perubahan yang Anda buat, tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah melakukan backup secara menyeluruh sebelum Anda melakukan perubahan ini.

4.  Hilangkan delay Start Menu
Di dalam Start Menu terdapat sedikit delay (waktu jeda) yang memberikan Anda waktu untuk berpikir. Jika Anda dapat memastikan bahwa hal ini tidak perlu, Anda dapat menyingkatnya dengan merubah Registry.
Buka Registry Editor dengan memilih "Start | Run" dan ketik "Regedit" pada :Open Bar", lalu klik "OK".
Carilah "HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop". Dobel klik value "MenuShowDelay" dan ubah angkanya dari default (400) menjadi angka yang lebih sedikit sesuai pilihan Anda.

5.  Matikan Autorun VD/DVD
Masukkan CD/DVD ke dalam drive dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan apa yang ingin Anda lakukan, meskipun Anda tidak akan menggunakannya. Jika Anda ingin CD/DVD tidak melakukan autorun saat disk dimasukkan, di mana hal ini dapat memperlambat kerja komputer, Anda dapat mematikan Autorun dengan memodifikasi Registry Key.
Cari "HKEY_LOCAL_MACHINES\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Cdrom". Dobel klik value "AutoRun Dword" dan set angkanya menjadi "0". Jika ingin mengembalikan lagi, ubah angkanya menjadi "1".

6.  Matikan Menu Animation

Anda dapat mematikan animated menu Windows XP agar kinerjanya lebih cepat. Pada Regedit, bukalah key "HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop", lalu buat string value "MinAnimate". Berikan value "0". Untuk mengembalikan menu animation ke posisi semula, hapus string value ini.


7.  Kurangi Hanging Time

Hanging time

Secara default, Windows menunggu selama lima detik untuk memberikan waktu kepada aplikasi lain yang sedang berjalan untuk mematikannya secara benar sebelum Anda mematikan komputer. anda bisa merubah hanging time-nya dengan sebuah registry edit.

Carilah "HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop" dan pilih string entry bernama "HungApp Timeout". Jika Anda menggunakan Vista, Anda harus membuatnya terlebih dulu. Klik kanan dan pilih "Modify".

Satuan angkanya dalam milliseconds, jadi dari default 5,000 adalah waktu tunggu selama  5 detik. Cukup Anda ubah dengan angka yang lebih pendek waktunya.


8.  Hilangkan teks dari ikon

Anda dapat meningkatkan kinerja PC desktop dengan menghilankan nama dari shortcut yang ada., biarkan ikon tersebut hanya tampil apa adanya. Windows XP tidak akan mengijinkan Anda untuk merubah nama shortcut desktop dengan sebuah spasi.

Namun, Anda bisa memaksanya untuk dijadikan sebuah nama dengan menekan dan menahan tombol [Alt] lalu ketik 255 pada number pad. Jika Anda ingin multiple shortcut tidak memiliki nama, Anda harus memberikan masing-masing angka spasi untuk menghindarkan terjadi nama yang sama.


9.  Buatlah sebuah Mute Shortcut

Anda bisa membuat sebuah custom shortcut yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan suara PC dengan mendownload sebuah utility kecil bernama "NirCmd", di sini :



Download lalu ekstrak isi filenya ke "My Documents". lalu klik kanan pada desktop dan pilih "New | Shortcut". Masukkan seperti di bawah ini untuk lokasi shortcut :

"C:\Documents and Settings\Owner\My Documents\nircmd\nircmd.exe"
mutesysvolume 2

Pastikan titik tujuan lokasi di mana Anda meng-ekstrak file "Nircmd.exe". beri nama shorcut "mute_unmute". Dobel klik shorcut tersebut untuk mematikan suara speaker dan lakukan lagi untuk menyalakannya kembali.


10. Hilangkan beberapa program dari daftar "Open With"

Hilangkan beberapa program yang terdapat pada daftar "Open With" ketika Anda mencoba membuka sebuah file yang tidak dikenal.

Buka Regedit lalu cari "HKEY_CLASSES_ROOT\Applications", dan Anda akan melihat daftar program yang ter-install pada PC Anda sebagai subkeys pada sebelah kiri panel. Untuk menghapus sebuah program yang tidak diinginkan dari daftar ini, pilih program tersebut dan klik kanan pada panel sebelah kanan.

Pilih "New | String value". Berikan nama "NoOpenWith". Begitu juga pada masing-masing aplikasi yang ingin Anda hilangkan dari daftar.


11. Perbaiki File Sorting

Secara default, misalkan sebuah file bernama "2.jpg" akan di-sorted sesudah file dengan nama "20.jpg". Beberapa orang melakukannya dengan memberikan nama file dimulai dengan awalan angka "0" agar file tersusun sesuai urutan yang diinginkannya. Tetapi Anda dapat merubah kegiatan ini dengan melakukan Registry Edit.

Cari Registry key "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explore".

Buatlah sebuah value DWORD baru dan beri nama "NoStrCmpLogical". Klik kanan lalu ubah value menjadi "1".


12. Tambahkan key baru "Copy to"

Tambahkan sebuah option "Copy to folder" ke dalam "konteks menu klik kanan", jadi Anda bisa dengan cepat meng-copy sebuah file dengan meng-klik kanan.

Pada Registry Editor, cari "HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\Shellex\ContextMenuHandlers" dan buat sebuah key baru dengan nama "Move to" lalu ubah value default menjadi " untuk menjalankannya.


13. Lewati Welcome Screen

Welcome Screen

Anda dapat memilih login Windows secara otomatis dan melewati Welcome Screen dengan sedikit tweaking. Untuk melakukannya, pilih "Start | Run" dan masukkan control userpasswords2 pada "Open Bar". Klik "OK" untuk melihat dialog masing-masing User yang ter-install pada PC.

Hilangkan tanda centang pada "Users must enter a user name and password to use this computer". Klik "OK". Lalu restart PC dan  seharusnya PC langsung pada tampilan desktop.


14. Tampilkan Shortcut Keys

Ketika Anda membuka sebuah menu atau jendela My Computer pada Wiindows XP, Anda dapat melihat shortcut key apa yang tersedia dengan menahan tombol [Alt], maka huruf yang bergaris bawah akan muncul, dan dengan menekan huruf tersebut akan membuka shortcut yang bersangkutan. Meskipun itu sebuah kotak atau tombol pilihan.

Anda dapat membuat huruf bergaris bawah ini tampil secara otomatis dari tab "Appearance" di bawah control panel "Desktop". Klik tombol "Effects" dan hlangkan tanda centang pada kotak yang bertanda "Hide underlined letters for keyboard navigation until I press the Alt key". Klik "OK" dua kali.


15. Ucapkan permintaan "No to all"

Ketika Anda meng-copy atau memindahkan sebuah grup ataupun file, terkadang Anda akan diminta untuk memberikan sebuah jawaban "Yes" atau "Yes to all", jika Anda perlu untuk mengijinkan sebuah proses agar menimpa file yang ada misalnya.

Pilih pilihan terakhir dan file serupa yang meminta pertanyaan yang sama akan diabaikan di ke depannya. Tapi bagaimana jika Anda ingin memilih " No to all"? Tidak ada pilihan yang terlihat, tapi Anda bisa memilih "No to all" dengan hanya menekan tombol [Shift] saat Anda meng-klik "No".


Demikian beberapa trik yang saya berikan, dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca blog saya. Terima kasih.


Source : TechRadar


Apa yang Anda pikirkan?!



Jika anda suka dengan posting ini dan berharap mendapatkan informasi lain ketika saya membuat posting baru, maka pastikan Anda sudah berlangganan gratis update dari saya via email. Berlangganan Sekarang!

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 

Free Backlink

Copy dan paste kode HTML di bawah ini ke dalam web/blog Anda
Free backlinks for your site powered by www.blogbiztutor.blogspot.com
READ MORE...!!!

© 2012. All Rights Reserved | BlogBizTutor | Template by: Blogger Widgets | Sponsored by: Blogger

Home |